Bagaimana Merek Dagang Logo

Setelah Anda memilih logo untuk bisnis Anda, Anda pasti ingin memastikan bahwa Anda mengamankan hak merek dagang untuk logo itu. Sebelum membahas cara mengamankan hak-hak tersebut, kita harus mendefinisikan istilah “merek dagang” dan “logo”.

Merek dagang adalah kata, nama, frasa, simbol, desain, atau perangkat lain yang digunakan oleh perusahaan atau orang untuk membedakan produk atau layanannya dari produk atau layanan perusahaan lain. Merek dagang pada dasarnya adalah merek, dan Anda dapat melindungi merek dagang atau merek Anda dengan mengamankan hak merek dagang terkait. Hak-hak ini memungkinkan Anda untuk mencegah orang lain menggunakan merek dagang atau merek serupa yang membingungkan.

Logo adalah salah satu jenis merek dagang yang terdiri dari desain yang umumnya digunakan oleh perusahaan atau orang dan ditempatkan pada produk atau bahan cetakannya yang berkaitan dengan jasanya. Logo dapat berupa desain itu sendiri, desain dengan huruf atau kata, atau desain yang hanya terdiri dari kata atau huruf bergaya. Sebaliknya, beberapa merek dagang hanya terdiri dari huruf atau kata tanpa desain apa pun, tetapi ini tidak akan dianggap sebagai logo.

Setelah memilih logo untuk bisnis Anda, Anda ingin mengamankan hak merek dagang untuk logo tersebut dengan merek dagangnya. Berikut adalah petunjuk langkah demi langkah untuk melindungi logo Anda di Amerika Serikat, perlu diperhatikan bahwa melindungi logo Anda di negara lain berada di luar cakupan artikel ini.

Langkah pertama. Idealnya, Anda ingin memastikan bahwa logo Anda tersedia untuk diadopsi dan digunakan. Artinya, Anda ingin memastikan bahwa tidak ada orang lain yang sudah menggunakan logo Anda. Untuk melakukan ini, Anda perlu melakukan pencarian merek dagang. Pencarian merek dagang akan memberi tahu Anda apakah orang lain telah mengadopsi logo yang identik atau sangat mirip. Jika seseorang telah mengadopsi logo Anda atau logo yang sangat mirip dan Anda terus menggunakan logo Anda, Anda mungkin melanggar merek dagang mereka dan dapat dituntut atas pelanggaran merek dagang. Meskipun Anda dapat mencoba melakukan pencarian merek dagang Anda sendiri baik dengan mencari catatan Kantor Paten dan Merek Dagang AS atau menggunakan perusahaan pencarian seperti Thomson CompuMark,

Langkah Kedua. Setelah Anda menentukan bahwa tidak ada orang lain yang menggunakan logo Anda, Anda pasti ingin mengamankan hak merek dagang untuk logo Anda. Pada dasarnya ada tiga cara untuk melakukan ini. Pertama, Anda dapat mulai memperoleh hak merek dagang hanya dengan menggunakan logo Anda sehubungan dengan produk atau layanan Anda. Namun, hak yang Anda peroleh hanya dengan menggunakan logo Anda relatif terbatas karena Anda hanya memperoleh hak di wilayah geografis tempat Anda menggunakan logo Anda. Kedua, jika Anda hanya menggunakan logo Anda untuk berbisnis di satu negara bagian, maka Anda dapat mengajukan permohonan untuk mendaftarkan merek dagang Anda ke kantor Sekretaris Negara untuk negara bagian Anda. Namun, ini hanya akan memberi Anda hak merek dagang atas logo Anda di negara bagian itu. Cara ketiga adalah mengajukan permohonan merek dagang ke Kantor Paten dan Merek Dagang AS. Jika Anda berencana untuk berbisnis di lebih dari satu negara bagian, maka inilah cara yang harus ditempuh. Jika aplikasi merek dagang Anda disetujui (yaitu terdaftar), ini akan memberi Anda hak merek dagang atas logo Anda di seluruh Amerika Serikat. Terlepas dari metode yang Anda pilih, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan pengacara merek dagang untuk memastikan bahwa Anda melanjutkan dengan benar untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan perlindungan sebanyak mungkin, karena aplikasi merek dagang bisa agak rumit dan tunduk pada prosedur dan aturan esoterik.

Langkah ketiga. Setelah Anda memperoleh hak merek dagang atas logo Anda, Anda mungkin ingin melindunginya dari adopsi dan penggunaan yang tidak sah oleh pihak ketiga. Ini dikenal sebagai penegakan hak merek dagang Anda. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memasang “jam tangan merek dagang”. Jam tangan merek dagang akan memberi tahu Anda saat pihak ketiga mulai menggunakan logo yang terlalu mirip dengan milik Anda. Anda kemudian akan dapat memutuskan apakah Anda perlu mengambil tindakan seperti mengirim surat berhenti dan berhenti atau melembagakan gugatan pelanggaran merek dagang. Anda dapat memesan arloji merek dagang sendiri melalui perusahaan seperti Thomson CompuMark, tetapi mungkin lebih bijaksana untuk menyewa pengacara untuk memasang arloji karena pengacara akan memiliki keahlian untuk memberi tahu Anda ketika masuk akal untuk menolak penggunaan jam tangan oleh pihak lain. logo tertentu.

Jika Anda mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan berhasil melindungi dan menegakkan hak merek dagang Anda secara hukum di logo Anda.

Leave a Reply