Tanda-tanda Burung yang Sehat: Bulu Burung, Mata, Berat & Lainnya

How to Make Sure Pet Birds are Kept Warm During the Winter | Pets4Homes

Menurut statistik dari American Veterinary Medical Association, hampir empat juta rumah tangga adalah rumah bagi setidaknya satu burung peliharaan pada tahun 2012. Jika Anda adalah salah satu dari rumah yang bahagia itu, Anda mungkin sangat selaras dengan kepribadian dan kebiasaan burung Anda, dan Anda mungkin mengenali tanda-tanda dasar burung yang sehat. Tidak yakin? Inilah yang harus diperhatikan pada burung yang sehat:

  • Mata yang cerah. Mata burung yang sehat bebas dari kotoran dan tampak cerah serta waspada tanpa kemerahan atau bengkak.
  • Kosongkan lubang hidung. Demikian pula, lubang hidung burung yang sehat harus bebas dari kotoran dan paruh burung Anda harus terbuka dan tertutup dengan mudah dan bertemu dengan baik.
  • Ekspresi waspada. Burung yang sehat memperhatikan lingkungannya dan aktif serta tertarik dengan apa yang terjadi di sekitarnya. Perhatikan tanda-tanda berkurangnya minat atau kelesuan. Burung Anda harus menunjukkan antusiasme alami dan suaranya yang biasa. Jika burung Anda duduk di lantai habitatnya, ini bisa menjadi tanda bahaya.
  • Kulit cerah. Memang benar bahwa burung ditutupi dengan bulu yang tebal, kulit sebenarnya sangat penting untuk kesehatan mereka secara keseluruhan. Kulit yang sehat bersih dan bebas dari peradangan, kemerahan atau bengkak.
  • Bulu yang indah. Bulu burung adalah mahkota kemuliaannya, dan bulu burung yang sehat berkilau, berkilau dan halus. Bulu yang rusak atau area botak yang hilang bisa menjadi indikasi adanya masalah. Mencabut bisa menandakan bahwa burung Anda bosan, tetapi itu juga bisa menjadi tanda sakit.
  • Respirasi damai. Nafas burung Anda harus lancar, tenang, dan hening. Bulu ekor burung yang tergerai saat bernapas dapat mengindikasikan penyakit pernapasan.
  • Kebiasaan makan dan minum yang baik. Burung Anda harus tertarik dengan makanan dan airnya serta menjaga jadwal makan dan minumnya secara teratur. Penyimpangan dari rutinitas ini dapat mengindikasikan penyakit, meskipun burung yang sakit mungkin benar-benar menghabiskan lebih banyak waktu di piring makanannya — tetapi dia mungkin tidak makan. Konsumsi Vitamin cukup untuk kebutuhan seperti optimaxx yang dapat meningkatkan performa.
  • Berat badan yang sehat. Berat burung dewasa umumnya harus tetap stabil. Peningkatan atau penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan harus dievaluasi oleh dokter hewan. Pemeriksaan tahunan dapat membantu mendeteksi perubahan sekecil apa pun pada berat burung Anda.
  • Kondisi fisik yang baik. Burung yang sehat menunjukkan ciri-ciri fisik yang normal (termasuk paruh, kaki, dan sayapnya) serta memiliki penampilan yang cerah dan ceria.
  • Kotoran burung yang sehat. Perubahan pada kotoran burung Anda (termasuk warna, konsistensi dan frekuensi) dapat mengindikasikan kemungkinan masalah. Amati kotoran burung Anda secara teratur untuk mengevaluasi penampilannya dan untuk memastikan jadwal yang konsisten. Diare bisa menjadi gejala perubahan pola makan atau penyakit sederhana.
  • Ventilasi yang bersih dan kering. Kloaka atau ventilasi adalah bukaan ke saluran pencernaan, reproduksi dan kemih burung dan menyimpan urat, feses, urin dan telur (pada betina). Kotoran tidak boleh ada dan area ventilasi harus bebas dari kotoran atau pembengkakan.

Pemeriksaan hewan tahunan untuk burung Anda dengan dokter hewan unggas bersertifikat penting untuk kesehatan burung Anda secara keseluruhan. Anda akan lebih tenang mengetahui bahwa Anda memiliki dokter hewan berpengetahuan yang tersedia untuk merawat burung Anda dan membantu memastikan bahwa burung Anda menikmati hidup yang panjang, sehat, dan bahagia.

Leave a Reply