Benarkah Air Fryer Bisa Buat Makanan menjadi Lebih Sehat?

Benarkah Air Fryer Bisa Buat Makanan menjadi Lebih Sehat?

Salah satu alat masak yang tengah naik daun dan digadang-gadang lumayan sehat adalah air fryers. Alat masak ini disebut dapat hindari munculnya minyak berlebih dan kadar beresiko yang mungkin muncul disaat menggoreng makanan.

Air fryer diketahui dapat digunakan untuk memanaskan, memanggang, dan membakar sejumlah makanan. Alat masak ini menjadi versi kecil dari oven serba guna.

Alat masak ini punyai harga yang tak amat mahal dan termasuk lumayan ringkas disaat digunakan untuk memasak. Walau begitu, tetap banyak keresahan terkait apakah alat masak ini amat sehat.

Di dalam air fryer, terkandung kipas yang mengeluarkan udara panas dalam kecepatan tinggi. Aliran panas yang berkesinambungan ini mengakibatkan reaksi Maillard yang mengimbuhkan tampilan kecoklatan terhadap makanan dan rasa yang serupa seperti penggorengan tradisional Air Fryer Kirin .

Dalam menggoreng, air fryer membutuhkan cuma satu atau dua sendok teh minyak atau apalagi tak memakainya serupa sekali. Namun mereka dapat mematangkan masakan serupa baiknya seperti disaat memakai teknik deep frying yang membutuhkan banyak minyak.

Alasan Mengapa Air Fryer Diklaim Sehat
Karena cuma membutuhkan sedikit minyak disaat memasak, penggunaan air fryer dapat memangkas mengkonsumsi lemak dan kalori. Produk ini diklaim dapat mengurangi lemak dari gorengan lebih kurang 70 hingga 80 persen.

Penggunaan langkah masak yang tak melibatkan banyak minyak ini mengakibatkan kecilnya risiko lemak trans serta hal beresiko lainnya. Kandungan ini mungkin muncul disaat sistem masak deep frying yang melibatkan banyak minyak.

Kandungan kimia yang mungkin muncul dari hal ini adalah acrylamide. Zat kimia ini dapat menjadi penyebab kanker terhadap manusia serta punyai pengaruh negatif termasuk terhadap manusia.

Dampak Bahaya yang Mungkin Muncul
Hal pertama yang perlu diketahui adalah sadar material apa saja yang tersedia dalam air fryer. Sejumlah product punyai susunan anti lengket serta kadar kimia seperti PFOA. Keduanya dapat mengakibatkan persoalan bersama dengan reproduksi, serta tumbuh kembang terhadap hewan.

Leave a Reply